Jumat, 31 Agustus 2018

Student Exchange, Bagaimana yah seorang calon peneliti Biologi ikut Program Pertukaran Mahasiswa?

Saat ada sebuah program dan kalian mau ikutan, langsung aja urus berkas dengan percaya diri. Mungkin itulah yang aku lakukan untuk bisa lulus Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara (Permata) 2018 ini. Setiap orang punya ceritanya masing-masing, dan aku adalah mahasiswa tingkat akhir di Biologi Unhas ikut Permata 2018 untuk dapat pengalaman. Orang bilang ikut program seperti ini akan memperlama masa kuliah. Hal inilah yang menjadi pertimbangan terberatku, semakin aku menikmati status sebagai Mahasiswa, umur orang tuaku juga bertambah. Aku ingin segera membuat beliau tersenyum ketika aku memakai toga dan segera membalas jasa beliau dengan bekerja.
Sebagai Mahasiswa, aku berpikir pengalaman lebih utama agar kinerja bisa lebih baik setelah mendapat tambahan title nanti. Aku ikut Pertukaran Mahasiswa tahun 2018 ini di Departemen Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Sumatera Utara (USU).
3 tahun sebagai Mahasiswa Biologi Unhas tentu sudah membuat aku tau kehidupan calon peneliti Biologi Unhas seperti apa. Akupun sudah merencanakan penelitian untuk penyelesaian S1 ku di Unhas. Belum memulai, aku harus mengurungkan dulu sambil harus mencari tau Biologi di Universitas lain kayak apa. Orientasi penelitian di tempat lain mengarah kemana, biar bisa menjadi pertimbangan aku dalam memilih fokus penelitian. Agar penelitian aku nantinya bisa terus aku lanjut dan bermanfaat bagi masyarakat yang telah membuat aku bisa kuliah 😇 (sungguh).
Program Permata 2018 itu memiliki tujuan agar pesertanya lebih mengenal budaya, dan akupun lebih tertarik mempelajari budaya dari Sumatera khususnya Sumatera Utara ini dibanding fokus pada penyelesaian S1.
Sekejap akupun lupa akan tugas akhir akibat hafalan kosa kata cara bercakap orang Batak 😅.
Begitulah perantau nekat!!!
Aku adalah Calon Peneliti Biologi
Aku harus ingat identitasku, jangan hanya fokus pada jalan-jalan.
Tapi, begitulah manusia. Nampaknya jalan-jalan akan menjadi tujuan utama dari Perantauan ini.
Satu semester mungkin adalah waktu yang begitu singkat untuk menyelesaikan Proposal penelitian, tapi aku harus bisa karena aku seorang calon Peneliti Biologi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL MORFOLOGI TUMBUHAN (AKAR DAN BATANG)

Morfologi Tumbuhan Akar Bagian-bagian akar secara morfologi, yaitu: Collum , bagian yang bersambu...