Rabu, 15 Agustus 2018

Organisasi Kehidupan

Kehidupan manusia jangan hanya dilihat dari keseharian interaksi dengan sesama. Tetapi, perlu diketahui bahwa ada struktur dari kehidupan yang secara awam abstrak tetapi betul adanya dan memiliki kekompleksan luar biasa yang terstruktur dan terorganisir menyusun kehidupan.
Organisasi kehidupan dari yang terkecil adalah molekul > sel > jaringan > organ > sistem organ > organisme (individu) > populasi > komunitas > ekosistem > bioma > biosfer.
Anugrah Allah Subhanahu Wata’ala menciptakan manusia dengan sempurna. Memiliki mata yang melihat seadanya, tidak memiliki penglihatan yang terlalu tajam dll. Struktur tubuh yang sesungguhnya adalah molekul-molekul tentu akan membuat kita takut untuk berlama-lama hidup di dunia jika kita melihat seseorang beserta molekul-molekul penyusun tubuhnya. Maka, nikmat Tuhan mana lagi yang hendak kita dustakan?
Mengapa molekul dijadikan sebagai organisasi kehidupan terkecil, sedangkan unit terkecil kehidupan adalah sel?
Kembali ke pelajar Kimia, Molekul adalah partikel terkecil dari suatu unsur / senyawa. Sedangkan sel sendiri disusun oleh senyawa-senyawa seperti Karbohidrat, lipid, protein yang semuanya memiliki molekul. Lebih jelasnya mengenai ini akan saya perlihatkan dipostingan selanjutnya.

Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL MORFOLOGI TUMBUHAN (AKAR DAN BATANG)

Morfologi Tumbuhan Akar Bagian-bagian akar secara morfologi, yaitu: Collum , bagian yang bersambu...