Jumat, 31 Agustus 2018

Mahasiswa Biologi Unhas ikut Program Permata 2018

Aku gak tau tahun sebelumnya, tapi tahun 2018 ini ada 2 mahasiwa Biologi Unhas yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara (Permata). Keduanya Biologi 2015 Unhas dan bagian dari Bioclemat15, yaitu saya Nurhidayah Haruna di USU dan Agusrahman Ekaputra Abas di Unsoed
Aku berangkat 27 Agustus kemarin, kalau bahasa Batak bilangnya "Aku berangkat 27 Agustus semalam" 😍.
Perbedaan antara Biologi Unhas, USU dan Unsoed tentu tidak bisa aku jelaskan mendetail. Satu hal yang aku tahu bahwa Biologi Unhas dan USU ada di Fakultas MIPA sedangkan Biologi Unsoed ada di Fakultas Biologi.
Sebagai Mahasiswa Biologi harusnya sebelum memilih Universitas tujuan Permata aku udah cari tau Biologi dari ke empat Universitas pilihan. Tapi, mungkin karena tujuan dari awal bukan ingin mengenal Biologi di kampus lain melainkan mengenal sudut lain dari Indonesia sehingga aku memilih USU yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara. Kapan lagi aku bisa menginjakkan kaki di Pulau paling Barat Indonesia kalau bukan di kesempatan ini???
Satu hal lagi, USU setauku adalah Universitas terbesar di Pulau Sumatera, begitupula Unhas adalah Universitas terbesar di Pulau Sulawesi, aku ingin merasakan jadi Mahasiswa di Kampus terbesar di Sumatera. Beneran pemikiran perantau nekat.
Merantau itu lelah, terlupakan dan butuh keberanian.
Mungkin aku bukanlah Mahasiswa Biologi sejati yang ingin mencari ilmu Biologi lebih luas, bukan pula mahasiswa yang hanya ingin jalan-jalan (karena jadi perantau itu menyedihkan). Tapi mungkin aku hanyalah anak bangsa, yang berstatus mahasiswa Biologi Unhas dan dapat rezeki numpang studi di Biologi USU.
Selebihnya, biarlah menjadi hari yang berharga di perantauan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGENAL MORFOLOGI TUMBUHAN (AKAR DAN BATANG)

Morfologi Tumbuhan Akar Bagian-bagian akar secara morfologi, yaitu: Collum , bagian yang bersambu...